5 Contoh Usaha Rumahan Bagi Pensiunan


Memulai usaha di saat pensiun? kenapa tidak. Tidak ada yang melarang orang pensiunan menjalankan suatu bisnis atau usaha, anda bisa menjalankan berbagai macam bisnis dan usaha baik sendiri maupun dengan bantuan anak cucu. Dengan memiliki usaha sendiri, seorang pensiunan tidak akan mengalami kesulitan finansial dalam menjalani hidup di hari-hari tua. Yang perlu di perhatikan, usaha yang cocok untuk pensiunan adalah usaha yang tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga, seperti usaha sampingan misalnya.5 Contoh Usaha Rumahan Bagi Pensiunan Yang Menguntungkan

Ada banyak sekali usaha rumahan bagi pensiunan yang bisa di jalankan, berikut ini seribupeluang memberikan beberapa contoh usaha bagi pensiunan yang mana mungkin bisa anda jadikan referensi sebelum terjun ke dunia usaha tersebut.

5 Contoh Usaha Rumahan Bagi Pensiunan


1. Usaha Properti

Usaha properti atau tempat tinggal merupakan salah satu jenis usaha rumahan yang bisa anda jalankan. Sebagai contoh apabila anda memiliki lahan yang cukup anda bisa membangun rumah kontrakan atau kos-kosan. Usaha ini jelas sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga, hanya saja modal awal yang di butuhkan tidaklah kecil. Selain itu, anda juga harus membuka usaha bidang properti di tempat yang benar-benar strategis seperti di dekat sekolah, dekat universitas, dekat pabrik, pasar dan tempat ramai lainnya.

Namun apabila anda tidak memiliki lahan dan modal yang cukup, anda bisa memanfaatkan rumah anda, yakni dengan cara menyewakan kamar untuk kos-kosan. Selain itu apabila lokasi rumah anda dekat dengan terminal atau stasiun anda bisa memanfaatkan lahan di sekitar rumah anda sebagai tempat partkir, anda bisa mencari pegawai untuk menjaga parkiran tersebut. 

2. Usaha Rental

Bisnis selanjutnya yang cocok di jalankan oleh pensiunan adalah bisnis rental. Rental atau penyewaan adalah jenis usaha yang menyewakan suatu benda atau barang kepada orang lain. Salah satunya adalah rental mobil, bagi anda yang memiliki mobil "nganggur" tidak ada salahnya menyewakan mobil tersebut. Selain itu masih banyak contoh usaha rental lain seperti rental PS3, rental sepeda antik, rental warnet, rental mesin fotocopy dan lain sebagainya. 

3. Usaha Sesuai Dengan Hobi

Siapapun pasti memiliki hobi atau hal yang menyenangkan saat melakukannya. Yang perlu anda lakukan hanya memikirkan apa kiranya hobi anda yang bisa di salurkan ke dalam dunia usaha untuk mencari uang. Sebagai contoh anda hobi sekali memancing, 

4. Usaha Sesuai Dengan Keahlian

Selain memulai usaha dari hobi, anda juga bisa memulai usaha sesuai dengan keahlian anda selama ini. Misalnya saja anda dahulu bekerja sebagai guru di sekolah dan lembaga pendidikan, tidak ada salahnya setelah pensiun membuka lembaga pendidikan seperti kursus dan les misalnya. Anda tak perlu repot-repot menjadi pengajar, anda hanya perlu mencari tenaga pendidik untuk mengajar di lembaga yang anda dirikan.

5. Usaha Toko Kelontong

Usaha yang satu ini sangat cocok di jalankan untuk siapa saja termasuk para pensiunan. Selain mudah di jalankan, usaha ini memiliki resiko yang kecil dan jarang sekali toko kelontong yang rugi. Anda bisa memulai usaha toko kelontong kecil-kecilan dengan menjual kebutuhan pokok seperti sembako. Selanjutnya anda bisa mengembangkan usaha tersebut secara perlahan dan menambah jenis barang yang di jual.

Itulah 5 contoh usaha rumahan bagi pensiunan yang mungkin bisa anda coba, atau anda memiliki ide usaha sendiri? silahkan saja yang terpenting anda bisa menjalankannya dan tidak merasa terbebani. Cukup sekian semoga bermanfaat referensi 5 Contoh Usaha Rumahan Bagi Pensiunan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Powered by Blogger.