Peluang Bisnis Makanan Khas Daerah dan Tempat Wisata


1. Lokasi Usaha

Hal pertama yang harus anda lakukan ialah menentukan lokasi yang tepat. Karena ini usaha kuliner dengan latar belakang makanan khas daerah maka anda harus memilih lokasi usaha yang benar-benar strategis. Apabila anda berada di daerah wisata maka anda bisa menjual di pinggir jalan, di tempat wisata tersebut, terminal dan lain sebagainya. Intinya lokasi sangat berpengaruh terhadap bisnis makanan khas daerah ini.

2. Jenis Makanan

Jenis makanan yang harus anda jual ialah makanan khas dari daerah tempat anda membuka usaha. Sebagai contoh apabila anda membuka usaha ini di daerah Yogyakarta maka anda bisa menjual aneka makanan seperti Yangko, Bakpia Pathok dan Geplak. Semakin banyak jenis makanan yang anda jual maka semakin banyak pula konsumen yang akan membeli di toko pusat oleh-oleh makanan anda.

3. Harga Makanan

Pusat oleh-oleh dengan harga yang murah akan di serbu orang banyak. Ini sudah bukan rahasia lagi, bahkan kita pun saat membeli oleh-oleh pasti mencari pusat oleh-oleh dengan harga yang murah. Maka dari itu tidak ada salahnya jika anda menjual makanan oleh-oleh dengan harga yang murah atau sesuai harga pasaran.

4. Promosi

Hal terpenting yang perlu anda terapkan ialah strategi promosi yang benar dan tepat sasaran. Promosi memiliki pengertian memberitahukan pusat oleh-oleh kita kepada orang banyak. Dan promosi bisa anda lakukan dengan berbagai cara berikut ini.
- Kerjasama : Anda bisa kerjasama dengan biro perjalanan/sarana trasportasi yang biasanya membawa para wisatawan. Dengan begitu penjualan makanan khas oleh-oleh di tempat anda akan terus meningkat.
- Atribut : Atribut ini di gunakan sebagai media promosi, atribut sangat banyak macamnya seperti brosur, banner dan papan nama. Semakin terlihat jelas papan nama atau banner dari usaha anda maka semakin besar peluang anda untuk menggaet konsumen.
- Media Sosial : Saat ini promosi bisa di lakukan secara online menggunakan media sosial seperti twitter, facebook bahkan sebuah website.

Promosi menjadi bagian yang tak terpisahkan dari bisnis kuliner makanan khas daerah. Dengan promosi yang tepat dan strategi pemasaran yang tepat sasaran dapat di pastikan usaha anda akan cepat berkembang. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Powered by Blogger.